Wednesday, January 4, 2012

Tapas Movida

Minggu malam kemarin, Saya,Ichil dan teman-teman blogger menikmati nya dengan makan malam bersama di Restoran Spanyol Tapas Movida. Ini adalah kunjungan pertama saya ke restoran Spanyol. Jika dibandingkan dengan masakan eropa lain nya, lidah saya lebih cocok dengan masakan spanyol ini, karena mungkin masakan spanyol ini berasal dari berbagai  perbedaan geografis, budaya dan iklim sehingga membuat masakan nya lebih kaya rasa.
Paella
Seperti pada masakan Paella Mixta (Rp.200.00), yang menjadi menu utama kami malam itu.  Paella adalah masakah traditional Spayol, yaitu hidangan nasi yang dimasak dengan bubuk saffron sehingga menyebabkan nasi berwarna kuning, nasi biasanya disajikan dengan berbagai macam seafood,  saya menemukan  udang, cumi-cumi dan kerang dalam pinggan Pella kami. Selain seafood ada tambahan potongan daging ayam dan taburan kacang polong segar, paprika dan di hias dengan daun ketumbar.
Paella1
Hal yang membuat saya bahagia malam ini adalah hidangan Tapas atau Pinchos nya. Ooohh I love it….Tapas atau Pinchos adalah beraneka ragam jenis bahan makanan seperti daging, ikan,keju, bawang Bombay, buah zaitun, telur yang di olah sedemikian rupa, biasanya disajikan dalam ukuran kecil, sehingga tapas atau pinchos bisa juga disebut snack atau makanan kecil khas spanyol. Kami memesan menu-menu tapas dengan antusias.
tapas
Hidangan Tapas yang kami pesan pertama hadir dalam tiga macam kombinasi rasa pinchos dalam satu piring, yaitu Montadito de ternera con queso azul cebolla caramelizada (18) irisan roti perancis dengan potongan tenderolin berbalut keju dan sentuhan rasa caramelized union. Tosta de brie y cebolla caramelizada (15) : toast with brie cheese and caramelized union dan Pintxo de bonito con cebolla caramelizada y tomate (15) : tuna fillet, sliced tomato and caramelizes on toast. Dari ketiga nya favorite saya adalah masakan kedua, rasa keju nya yang lembut benar-benar membelai lidah
avocado_s
Berikutnya adalah Bruschetta de guacamole y gambas al ajillo (15) : guacamole bruschetta with garlic shrimps. Kalau boleh saya sarankan, ini adalah tapas yang wajib dipesan jika berkunjung ke resto ini. Guacamelo nya sangat pantas disandingkan dengan udang segar pada topping.
chicken
Buat saya yang pecinta keju dan yoghurt pilihan menu tapas yang satu ini sangat tepat sekali, yaitu Pintxo de pollo moruno con salsa de yogur y queso (15) : chciken,yogourt sauce and cheese. Perpaduan yoghurt dan cheese terasa mewah. Tidak mau kalah dengan sauce yoghurt dan keju nya, potongan dada ayam nya juga patut dipuji ke elokan rasa nya.
asparagus
Alasan saya memesan menu ini Esparragos trigueros con huevos pasados por agua (15) : green asparagus with poached eggs, sebagai penebus rasa dosa saya karena tidak adanya asupan sayur segar pada menu makan malam ini. Ternyata pilihan saya tidak terlalu sukses.
meetball
Yang menjadi juara dari semua menu malam ini menurut saya adalah albondigas (40) : meatballs yaitu bakso ala spanyol. Bola- bola daging nya terasa lembut dan juicy, kuah daging nya telah mencuri hati saya sampai-sampai saya menyempatkan diri untuk browsing mecari resep si sauce, berharap saya bisa mencoba membuat nya dirumah. Dari segi rasa, si kuah ini hampir mirip dengan kuah semur tapi entah ramuan ajaib apa yang di campur dalam masakan itu hasil nya benar-benar membawa keindahan rasa.
potato
Dua menu terakhir yang kami pesan adalah Tortolla Espanola (30): Spanish potato omelette compot. 
salmon
Papa rellena con champinones, tocino y huevo de codorniz (18) : potato stuffed with mushrooms and quail eggs.
Sangria
Berkunjung ke restoran Spanyol tentu saja tidak afdol jika tidak memesan Sangria (210) : traditional spanish cocktails. Sangria adalah campuran anggur merah dengan sari lemon, sebagai pelengkap biasa di tambahkan potongan buah-buahan seperti buah pear, apel dan  irisan sankis. Sangria terasa manis dan sangat menyegarkan, namun asli di negara nya sangria ini dapat memabukan, karena kadar alkohol dari Sangria cukup tinggi.
Suasana resto malam itu cukup meriah dengan pengunjung yang datang silih berganti, saya lihat sebagian besar pengunjung adalah orang asing, begitu juga dengan chef atau owner dari resto ini yang berasal dari Spanyol (sorry nama nya lupa), yang dengan ramah datang menghampiri meja kami dan memberi penjelasan sedikit mengenai masakan Spanyol. Pelayan yang bertugas juga ramah dan gesit melayani, yang  patut dibanggakan, mereka dapat menguasai menu.
Ice
Sebagai menu penutup malam ini kami meng order dua buah dessert yaitu Reinette (35) : Nougatine, vanilla ice cream served with apple tatin cake, topped with vanilla sauce and chantilly
Mille
Milhoja de fresas con sabayon de vainilla y salsa de chocolate (40) :  strawberry millefuille with vanila sabayon & chocolate sauce.
Kedua menu dessert ini jauh dari kata mengecewakan, malam ini memang pantas di tutup dengan sesuatu yang istimewa.
Buat penggemar masakan Spanyol, tidak ada salah nya untuk mencoba resto yang satu ini. Mereka menawarkan masakan Spanyol dengan ke aslian rasa.