Thursday, March 8, 2012

6 Buah Paling Sehat untuk Camilan


Amin's Blog - Buah-buahan segar kaya akan karbohidrat alami dan mengeyangkan perut tanpa harus menimbun banyak kalori. Selain itu, buah juga merupakan sumber gula alami, membuatnya menjadi camilan yang tepat ketika tubuh kekurangan energi. Tapi setiap jenis buah mengandung nutrisi yang berbeda, beberapa buah memiliki antioksidan dan vitamin yang lebih baik dibandingkan jenis lainnya. Ini dia enam buah terbaik untuk dijadikan camilan sehat.

1. Berry
Segala jenis buah berry seperti stroberi, raspberry, blackberry, raspberry atau anggur kaya akan antioksidan dan vitamin. Jangan lihat dari ukurannya yang kecil, berry merupakan buah paling bernutrisi yang bisa Anda konsumsi sebagai camilan. Konsumsilah berbagai jenis buah berry yang Anda suka minimal 1/2 sampai 1 cangkir sehari. Untuk jenis tertentu seperti stroberi dan raspberry, bisa Anda jadikan sebagai bahan tambahan untuk salad.

2. Ceri
Ceri memiliki jumlah antioksidan yang hampir sama dengan buah berry. Bedanya, ceri mengandung gula yang sedikit lebih tinggi dibandingkan berry. Meski begitu, buah yang sering dijadikan manisan ini rendah karbohidrat dan sumber serat yang penting untuk kesehatan pencernaan serta menjaga kelangsingan tubuh. Perlu diingat, konsumsilah ceri segar atau yang telah dikeringkan, bukan dalam bentuk manisan. Ceri dalam bentuk manisan tentunya mengandung gula yang sangat tinggi dan sudah berkurang nutrisinya.

3. Apel & Pir
Meskipun berbeda dari segi bentuk, tekstur dan rasa, apel dan pir sama-sama mengandung serat yang tinggi dan rendah gula. Dua buah ini merupakan pilihan camilan yang tepat untuk mengganjal perut karena memberi efek kenyang. Pir, khususnya, bisa jadi alternatif untuk memuaskan hasrat Anda mengonsumsi makanan manis tanpa mengonsumsi terlalu banyak gula.

4. Grapefruit
Umumnya, buah dalam kelompok citrus cenderung tinggi gula, tapi tidak dengan grapefruit. Buah ini hanya mengandung 96 kalori, namun kaya akan vitamin C, potassium, lycopene dan beta karoten. Grapefruit cocok dijadikan salad, terutama jika dipadukan dengan potongan alpukat.

5. Tomat Ceri
Mengandung hanya 53 kalori, tomat ceri merupakan buah paling aman jika Anda sedang menjalani program diet. Beberapa nutrisi yang terkandung di antaranya potassium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan kulit serta mata.

[source]