Friday, March 16, 2012

7 Langkah Hilangkan Komedo


Amin's Blog - Dan tak kalah menyebalkannya dibanding jerawat, komedo membuat kulit wajah jadi tidak terlihat mulus.
Ada dua jenis komedo yang dianggap sebagai musuh para wanita. Komedo hitam, yang biasanya memiliki mata berwarna hitam dan di dalamnya terdapat benda padat berupa kotoran dan lemak. Serta komedo putih, bentuknya lembek dan tidak menonjol, hanya saja ia membuat kulit tampak tidak mulus dan berminyak.
Komedo putih ini dianggap lebih menyebalkan ketimbang komedo hitam karena juga merupakan penyebab munculnya jerawat. Selain itu, whiteheads (komedo putih) tidak dapat dihilangkan dengan bantuan pore pack. Wah, ribet juga kan?
Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:
  1. Sangatlah penting membersihkan wajah dengan cleanser dan toner. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan debu dan kotoran serta lemak dari pori-pori secara maksimal. Anda bisa melakukan steaming setidaknya seminggu sekali sebagai deep cleansing pada komedo putih. Jangan lupa selalu membasuh kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.
  2. Gunakan bantuan kapas dan tissue facial, hindari menggunakan tissue atau kapas yang kasar karena dapat membuat kulit terluka.
  3. Pilih facial foam yang tidak mengandung pewangi. Utamakan pada kandungan salicylic acid atay alpha hydroxyl acid agar tidak membuat pori-pori tertutup.
  4. Cuci wajah Anda dengan sabun sehari 2-3 kali saja untuk menjaga kelembabannya.
  5. Berhati-hatilah saat menggunakan sabun dengan scrub, terutama bila jerawat sedang meradang di wajah. Scrub memang membantu mengusir komedo, namun selalu hindarkan dari bagian kulit yang terluka.
  6. Kulit jenis berminyak mungkin tidak terlalu membutuhkan banyak pelembab. Dan Anda bisa menggunakan toner sebagai ganti pelembab agar kulit tidak semakin berminyak.
  7. Hindari memencet komedo dengan tisu dalam keadaan kering karena dapat menimbulkan luka lecet pada kulit.
Ingin agar kulit wajah selalu bersih, lembut dan kenyal? Jangan lupa lakukan facial setiap bulannya.

[Source]